Hidup Sehat Bersama SehatQ.com Saat Pandemi Corona

Berbicara masalah kesehatan, tentunya kita harus menjaga dengan baik kesehatan kita sendiri, karena kesehatan itu

Berbicara masalah kesehatan, tentunya kita harus menjaga dengan baik kesehatan kita sendiri, karena kesehatan itu sangatlah penting bagi tubuh kita dan sangatlah mahal harganya. Apalagi sekarang telah terjadi wabah yang sangatlah berbahaya di semua negara khususnya di Indonesia, yaitu wabah covid-19, yang mana wabah tersebut sangatlah berbahaya bagi kesehatan kita dan sampai sekarang belum ditemukan formula obat yang pasti untuk menangkal virus tersebut.

Di SehatQ.com menyediakan berbagai macam obat – obatan untuk dapat mencegah masuknya virus yang dapat menyebabkan kita terjangkit covid-19. Berbagai macam obat – obatan apapun tersedia di SehatQ.com mulai dari obat – obatan abjad A sampai Z tersedia yang mana obat untuk penyakit apa saja, baik yang ringan ataupun yang berat yang tentunya harus sesuai dengan resep dari dokter terkait agar info obat tersebut dapat menyembuhkan diri kita dengan tepat.

Tentunya juga pada saat ini harga obat – obatan di SehatQ.com sangatlah terjangkau untuk masyarakat kalangan menengah kebawah sekalipun, sehingga tidak begitu memberatkan bagi masyarakat yang kurang mampu. Disamping itu juga pentingnya pola hidup sehat bagi tubuh kita agar tidak mudah terserang penyakit yang berbahaya, dan terasa aneh bukan dijaman seperti sekarang jika yang tinggal diperkotaan besar pun mengalami kekurangan gizi. Pola makan dengan komposisi gizi yang tidak seimbang atau diet berlebihan dapat menyebabkan seseorang mengalami kekurangan gizi.

Berbicara masalah Corona atau yang lebih dikenal dengan nama beken COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis corona virus yang baru ditemukan. Virus ini adalah virus baru dan penyakit yang tidak dikenal sebelum terjadinya wabah di Wuhan, Cina, pada bulan Desember 2019.

Untuk sementara, penanggulangan virus tersebut telah ditetapkan oleh kementrian Kesehatan adalah sbb :

  1. Cuci tangan selama 20 detik dengan sabun dan air mengalir sesuai dengan standar WHO
  2. Hindari kerumunan/keramaian
  3. Jaga posisi jarak dengan orang lain
  4. Hindari melakukan kontak langsung dengan orang yang sakit
  5. Konsumsi secara rutin vitamin yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh saat sehat dan mempercepat penyembuhan saat sedang sakit
  6. Gunakan masker saat keluar rumah
  7. Membersihkan dan mendisinfeksin secara berkala barang-barang yang sering disentuh

Melakukan deteksi dini infeksi Covid-19 sangat penting guna mencegah penularan penyakit pada orang sekitar dan risiko komplikasi yang serius pada kelompok yang rentan. Untuk melakukan deteksi dini, maka perlu dilakukan rapid test corona. Dengan ini, pasien yang berada di tahap awal infeksi Covid-19 pun dapat diidentifikasi lebih cepat.

SehatQ sebagai start up yang ditunjuk pemerintah dalam membantu penanggulangan Covid-19 juga bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyediakan layanan rapid test gratis bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Bagaimana caranya?

Apa itu swab test Corona?

Swab test corona adalah pemeriksaan untuk mendeteksi virus corona. Tes ini juga disebut tes PCR (polymerase chain reaction).

Dalam swab test corona, petugas medis akan mengambil sampel apus dari saluran pernapasan. Misalnya, hidung dan tenggorokan. Sampel ini kemudian dibawa diperiksa di bawah mikroskop untuk mendeteksi ada tidaknya DNA virus corona.

Tes PCR menganalisis DNA atau RNA (materi genetik virus) yang terdapat dalam virus. Meski sampel hanya mengandung materi genetik dengan jumlah sedikit, pemeriksaan ini dapat melipatgandakan DNA atau RNA tersebut.

Kenapa swab test corona diperlukan?

Selain swab test corona, jenis tes deteksi infeksi virus corona lainnya adalah tes cepat atau rapid test corona yang menggunakan sampel darah. Namun pasien dengan hasil tes cepat yang positif perlu menjalani pemeriksaan PCR agar diagnosis bisa dipastikan.

Oleh karena itu, tes cepat antibodi menjadi tes skrining awal dan pemeriksaan PCR tetap menjadi tes konfirmasi.

Siapa yang membutuhkan swab test Corona?

Swab test corona diperlukan bagi:

  • Orang dalam pemantauan (ODP)
  • Pasien dalam pengawasan (PDP)
  • Orang yang memiliki kontak erat dengan pasien COVID-19
  • Pasien dengan hasil rapid test yang positif

Kelompok orang tersebut akan dirujuk ke rumah sakit rujukan corona untuk menjalani pemeriksaan PCR.

Seberapa sering Anda harus menjalani swab test Corona?

Frekuensi swab test corona yang dibutuhkan umumnya lebih dari satu kali untuk memastikan diagnosis. Namun jarak pengambilan sampel ini bisa berbeda-beda dan tergantung pada status pasien berikut:

·         ODP dan PDP

Pengambilan spesimen dari ODP dan PDP dilakukan sebanyak dua kali berturut-turut, yakni pada hari pertama dan kedua. Langkah iin juga bisa dilakukan bila terjadi kondisi pasien memburuk.

·         Orang yang memiliki kontak erat dengan pasien COVID-19

Swab test corona pada orang dengan kontak erat yang berisiko tinggi akan dilakukan pada hari pertama dan ke-14.

Bagaimana prosedur swab test Corona dilakukan?

Pada tes PCR, sampel yang biasa digunakan adalah apus tenggorok di belakang hidung (nasofaring) atau belakang mulut (orofaring).

Swab test corona dengan sampel nasofaring lebih direkomendasikan. Sementara sampel orofaring diambil sebagai alternatif.

1. Prosedur swab test corona lewat hidung

  • Pasien akan diminta untuk meniup napas melalui hidung guna memastikan tidak ada sumbatan.
  • Pasien akan diminta sedikit mendongak
  • Alat swab berbentuk cotton bud dengan tangkai panjang akan dimasukkan ke dalam lubang hidung pasien hingga mencapai bagian belakang hidung.
  • Dokter akan mengambil sampel dengan cara menyapukan dan memutar alat swab tersebut selama beberapa detik.

2. Prosedur swab test corona lewat tenggorokan

  • Pasien akan diminta membuka mulut lebar-lebar.
  • Dokter akan memasukkan alat swab ke mulut pasien hingga mencapai bagian belakang tenggorokan. Swab tidak boleh menyentuh lidah.
  • Dokter akan mengambil sampel dengan menyapukan dan memutar alat swab tersebut selama beberapa detik.

Setelah selesai, alat swab akan dimasukkan ke dalam tabung khusus dan dikirim ke laboratorium untuk dilakukan PCR.

Swab test corona mungkin akan terasa tidak nyaman bagi pasien. Namun pasien sebaiknya tetap kooperatif sampai proses pengambilan sampel selesai agar bisa mendapatkan hasil yang akurat.

Seperti apa hasil swab test Corona?

Hasil swab test corona umumnya akan keluar dalam waktu dua hari. Hasilnya bisa berupa:

·         Positif

Hasil positif menandakan adanya infeksi virus corona. Bila Anda memiliki hasil ini dari laboratorium regional, konfirmasi ulang akan dilakukan oleh Laboratorium Pusat Penyakit Infeksi Prof. Dr. Oemijati – Puslitbang Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan.

·         Negatif

Hasil negatif menandakan bahwa tidak adanya infeksi virus corona. Namun hasil tes pemeriksaan negatif pada sampel tunggal, terutama yang berasal dari hidung dan tenggorokan, belum tentu mengindikasikan ketiadaan infeksi.

Karena itu, swab test corona tidak hanya cukup dijalani satu kali. Pengulangan tes ini tetap perlu dilakukan sesuai dengan anjuran dari dokter maupun tenaga medis.

Apa yang harus dilakukan bila hasil swab test corona positif?

Hasil swab test corona yang positif menandakan pasien adalah penderita COVID-19. Pasien akan menjalani isolasi di ruangan khusus guna mendapatkan perawatan medis.

Sampel jaringan dari pasien akan diambil setiap hari untuk diperiksa. Pasien akan dikeluarkan dari ruang isolasi rumah sakit jika pemeriksaan sampel memberikan hasil negatif sebanyak dua kali berturut-turut.

Sedangkan untuk pasien dengan hasil swab test corona yang benar-benar negatif, akan dirawat sesuai dengan penyebab penyakit yang dialaminya.